Aku
tak pandai menafsirkan seulas senyuman, tapi ada makna yang kudapat selepas
pudarnya ia, bahwa memberi dan kehilangan adalah dua hal yang berbeda-
Ada yang pernah baca Supernova seri Partikel? Kisah Zarah yang tidak menempuh pendidikan formal namun dibimbing langsung oleh Firas, ayahnya tapi memiliki pengetahuan yang bahkan mengalahkan orang dewasa di usianya yang seumuran anak SD. Di umurnya yang masih sangat bocah itu, Zarah bahkan paham struktur otak dan fungsinya yang baru dipelajari di tingkat sekolah menengah. Metode belajar yang diterapkan Firas ini cukup unik dan beliau nda mau menyekolahkan Zarah di sekolah formal. Tapi, back to reality. Memangnya ada berapa banyak Firas Firas lain di negeri ini? Makanya Indonesia masih menjadi negara yang menjalankan sistem persekolahan dan mari kita dukung. (iya, kita)
Postingan kali ini akan
sedikit serius dan cukup panjang. Sebuah tulisan sejenis esai yang sudah coba author kirim untuk pihak yang
bersentuhan langsung dengan topik. Tapi tidak ada salahnya dibaca oleh
masyarakat luas.
Kenapa judulnya Dorman? menurut KBBI, dorman berkenaan dng terhambatnya pertumbuhan (perkembangan) untuk sementara waktu meskipun keadaan lingkungannya sebenarnya bersifat menunjang (air dan cahaya cukup serta suhu naik). Hal ini biasanya terjadi pada tumbuhan dan saya nda mau kondisi semacam dorman ini menimpa anak-anak di Indonesia.
Selamat membaca!
![]() |
gagaspertanian.com |
Masalah Pemerataan Pendidikan di wilayah Indonesia sudah bukan wacana baru di masyarakat. Permasalahan tersebut sudah menjadi penyakit yang meski sudah berusaha diobati, tetapi belum dapat disembuhkan secara maksimal. Wilayah yang paling sering disoroti mengenai belum meratanya pendidikan adalah wilayah Indonesia Timur. Padahal, wilayah tersebut termasuk penghasil sumber daya alam yang melimpah. Namun, akan percuma jika tidak diimbangi dengan kualitas sumber daya manusia. Berbagai upaya pembenahan sistem pendidikan masih bersifat umum, yang seringkali belum menyentuh daerah-daerah tertinggal yang ada di Indonesia. Sehingga, daerah yang tidak tersentuh pembenahan, terus tertinggal dibandingkan daerah lain yang mudah dijangkau. Salah satu efek dari ketidakmerataan pembenahan tersebut adalah timbulnya masalah pemerataan pendidikan yang berdampak pada generasi muda Indonesia yang mengalami kendala dalam menempuh pendidikan, hingga mengalami putus sekolah atau bahkan tidak mengenyam pendidikan sama sekali.
Angka putus sekolah
beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa wilayah Indonesia Timur masih berada
di peringkat tertinggi khususnya pada pendidikan dasar yang pada hakikatnya
merupakan basis dari pengembangan manusia. Berdasarkan
data dari Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal (PAUDNI),
terdapat sekitar 800 ribu anak-anak putus sekolah di kawasan Indonesia Timur.
Penyebab anak-anak putus sekolah disebabkan oleh berbagai faktor, seperti : Minimnya
fasilitas sarana dan prasarana, kurangnya tenaga pendidik, kurangnya dukungan
dari orang tua, dan kurangnya stimulus yang diberikan kepada anak usia sekolah
sehingga mereka tidak termotivasi untuk melanjutkan pendidikan.
Beberapa
bulan terakhir, berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk menanggulangi
permasalahan putus sekolah tersebut. Hasilnya terlihat pada Angka Partisipasi
Kasar (APK) SD yang menunjukkan hasil yang bagus menurut Kepala Dinas
Pendidikan Provinsi Papua. Selain itu, diadakan pula ujian kesetaraan yang diikuti oleh warga setempat. Upaya-upaya peningkatan mutu
pendidikan dan pemerataan pendidikan di wilayah Indonesia Timur tentu tidak
bisa berhenti sampai disitu saja. Berbagai upaya lanjutan masih perlu
dilakukan.
Beasiswa
merupakan salah satu solusi yang ditawarkan oleh pemerintah maupun dari
berbagai elemen masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan. Namun,
seringkali beasiswa tersebut salah sasaran. Bantuan dana tersebut seharusnya
diberikan kepada pihak yang memang membutuhkan, akan tetapi pada praktiknya
banyak disalahgunakan. Misalnya pada pemberian beasiswa kepada pelajar
berprestasi yang pada dasarnya hidup dari keluarga yang serba ada. Karena orang
tuanya masih sanggup untuk membiayai pendidikannya, maka bantuan yang diberikan
diperuntukkan untuk keperluan lain yang sifatnya mengarah kepada hedonisme.
Aneka pencapaian ditambah lagi bantuan yang diberikan dapat memicu timbulnya
sifat hedon dalam diri anak tersebut. Faktanya, banyak keluaran pendidikan yang
melewati proses pendidikan tanpa hambatan yang ujung-ujungnya menjadi penjahat
kelas kakap atau sebut saja koruptor, misalnya. I am not judge. Just an opinion.
Ketika
berbicara tentang siapa yang berhak menerima beasiswa, maka salah satu jawabannya
adalah generasi muda di wilayah Indonesia Timur. Ketika berbicara beasiswa
seperti apa yang mereka butuhkan? Jawabannya adalah beri mereka kesempatan
untuk menuntut ilmu dengan layak tanpa perlu memikirkan pekerjaan yang belum
saatnya mereka kerjakan demi memenuhi kebutuhan hidup. Sebagai gantinya,
berikan pengalaman menarik yang sesuai dengan lingkungan hidup mereka sebagai
sumber utama inspirasi dan motivasi mereka dalam menempuh pendidikan. Selain
itu, dengan adanya bantuan dana tersebut, orang tua siswa tidak lagi khawatir
dengan kondisi perekonomian mereka. Menyekolahkan anak-anak bukan lagi beban
tambahan yang perlu mereka pikul.
Bukan
dilihat dari seberapa tinggi nilai rapor ataupun IPK mereka, tapi apa yang
benar-benar mereka butuhkan. Beri mereka beasiswa untuk mengembangkan kemampuan
dan menempuh pendidikan yang berkaitan dengan sumber daya alam, sehingga kelak
ketika mereka sudah ahli di bidangnya, mereka kembali mengabdi di daerah asal
mereka, wilayah Timur Indonesia. Beasiswa yang berkaitan dengan pengembangan
sumber daya alam setempat tidak hanya berlaku di wilayah Indonesia bagian Timur
akan tetapi juga dapat menjadi solusi bagai permasalahan serupa di daerah lain
yang sumber daya alamnya melimpah. Ketika sumber daya manusia dan sumber daya
alam di Indonesia sudah seiring, ditambah dengan pendidikan karakter yang mulai
diimplementasikan dalam sistem pendidikan nasional, Indonesia akan mampu menjadi negara yang berjaya melalui pendidikan
(tidak ada salahnya punya mimpi. Ya kan?).
Sekian.
Turut
berduka cita kepada korban teror bom yang lagi lagi terjadi di salah satu sudut
negeri ini. Semoga ini yang terakhir.
Marhaban Yaa Ramadhan
Marhaban Yaa Ramadhan
0 komentar:
Posting Komentar